Selasa, 31 Desember 2013

BIMBEL CITRA RAYA&GAMES EDUCATION PART 3



Sebelum memulai lanjutan dari Games Education bagian 1 dan 2 ini, Perkenankanlah kami segenap Kru Senopati Education Consultant mengucapkan : 

HAPPY NEW YEARS 2014
KEEP ON ROCK FOR BETTER EDUCATION   



Games Education kali ini adalah games yang bertujuan untuk membantu mengenal Kata Benda, menggali dan mempraktekkannya, biasanya games ini disebut :

NOUN GAMES 

    A.    Tujuan Permainan 
    Peserta dapat mengexplorasi kata benda seperti :
-          Hewan dan Tumbuhan 
-          Anggota tubuh 
-          Benda-benda disekitar sekolah 
-          Benda-benda disekitar kelas kelas 
-          Benda benda disekitar rumah 
-          Dan lainnya  
     Bukan hanya Bahasa Inggris, akan tetapi juga Bahasa Mandarin, Korea ataupun Bahasa lainnya.

B.   Waktu 
     Minimal 10 menit
      
     C.    Usia Pemain
     Diatas 8 Tahun 

     D.   Sistem Permainan 
-          Peserta terdiri dari perorangan dan dipandu oleh 1-2 Instruktur
-          Setiap Peserta diberikan kertas yang telah disiapkan dalan 4 kolom oleh Instruktur
-          Masing-masing kolom terdiri dari huruf, kategori benda, nama benda dan poin
-          Di bagian akhir kolom adalah total nilai peserta
-          Peserta dengan point  terbanyak adalah pemenang 

E   E.    Tempat 
     Didalam ruangan dan di luar ruangan

     F.    Alat Permainan 
-          Lembaran kertas ( sesuai dengan jumlah peserta )
-          Alat tulis dan penggaris

    G.    Cara Bermain ( Role Play )
-          Instruktur membagikan kertas kepada masing-masing peserta
-          Kertas telah terbagi atas 4 kolom
-          Dengan panduan instruktur peserta mengisi kolom pertama dengan huruf ( Letters ) A-Z

A



B



C



Total


-          Instruktur harus memastikan peserta mengerti keseluruhan kategori ( pada saat pembelajaran )
-          Instruktur memulai aba-aba dan menghidupkan stopwatch tanda kompetisi dimulai, peserta harus berfikir isi dari semua kategori berdasarkan huruf / letter yang diberikan

A
Animals
Ant

B
Fruit
Banana

C
Furniture
Chair

Total


-          Kompetisi selesai ketika waktu telah 10 menit ( Sesuai kesepakatan waktu antara peserta dan Instruktur sebelum pertandingan dimulai )
-          Penilaian adalah sebagai berikut :
a.       Tidak ada jawaban , poin = 0
b.      Jawaban sama dengan peserta lain = 10 poin
c.       Jawaban tidak sama dengan peserta lain = 20 poin

A
Animals
Ant
1
B
Fruit
Banana
2
C
Furniture
Chair
1
Total
4

             Nilai ( poin ) di total dan pemenang adalah peserta yang memiliki nilai tertinggi

    H.    Catatan ( Note )
-          Instruktur harus menjelaskan dan memastikan seluruh peserta mengerti cara bermain terlebih dahulu

-          Akan lebih efektif jika Instruktur telah menyediakan lembaran dengan kolom sebelum permainan dimulai
-          Diakhir permainan berikan tugas kepada peserta untuk menghafal kata benda yang neraka dapat secara keselurahan pada permainan ( dari semua peserta )

    I.    Variasi ( Variation )
-          Instrtuktur dapat mengajak peserta keluar ruangan dengan memberikan kategori yang ada di luar, seperti Animals, biarkan peserta mencari sendiri, ajarkan bagaimana peserta mencari di kamus
-          Dalam waktu yang telah ditentukan semua peserta telah kembali ke Instruktur
-          Diakhir permainan berikan tugas kepada peserta untuk menghafal kata benda yang telah meraka dapatkan dari seluruh permainan

2 komentar: