Minggu, 29 Desember 2013

BIMBEL TANGERANG






Posting ini adalah lanjutan dari Posting sebelumnya di Blog ini, yaittu BIMBEL CITRA RAYA & GAMESEDUCATION ( ihat di arsip Blog). Games Education kali ini adalah Games lama yang  berjudul :

                     SIMONS SAY  


Permainan lama ini sangat berguna untuk Peserta Pemula  dapat memahami, mengucapkan, mendengarkan, dan mempratekkan fokus pembelajaran kosa kata seperti :

Tujuan Permainan ( Goals )
-          Anggota Tubuh ( Part of the Body )
-          Imperative
-          Verb ( Kata Kerja )
                                         
      Waktu Permainan (Times)
      10 Menit minimal
    
      Sistem Permainan ( System of the Game )
-          Permainan dapat terdiri dari  perorangan dengan suasana kompetisi atau hanya untuk mencairkan suasana
-          Peserta membentuk lingkaran dengan instruktur di tengah
  
      Usia Pemain (Age)
      Diatas 5 tahun       

      Tempat ( Place )
Di dalam Ruangan dan di luar Lapngan

       Alat Pemainan ( Tools )
Tidak ada ( none ) / Sesuai Keadaan

      Cara Bermain ( Role Play )
Instruktur meneriakan instruksi, yang hanya akan dipatuhi oleh peserta apabila  menggunakan kata “SIMONS SAY”, contoh :
-          “Simons says, raise your right hand.” ---- (peserta mengangkat tangan kanan mereka)
-          “Simons says, touch your left  ear.” -------(peserta memegang telinga kiri mereka)
-          “Kneel one one knee.”-----------(peserta seharusnya tidak boleh melakukan apapun, jika mereka bergerak atau melakukan aksi berarti mereka tidak mendengarkan instruksi secara seksama dan mereka harus keluar dari lingkaran dan atau mendapatkan hukuman yang menyenangkan
-          “Simons says, jump with your right foot.” ----(peserta melompat dengan kaki kiri mereka.)
-          “Turn Around.”-----( Jika ada peserta yang berbalik maka ia harus keluar dari lingkaran dan mendapatkan hukuman yang menyenangkan, karena Instruktur tidak menggunakan kata “Simons say”. Dan demikian seterusnnya.


     Catatan ( Note )
-          Pada saat instruktur mengeluarkan instruksi, ia harus mempraktekan dengan bahasa tubuh yang sesuai dengan instruksi ataupun tidak, hal ini berguna bagi peserta untuk memahami praktek dari apa yang telah mereka pelajari dengan kenyataan yang ada.
-          Permainan ini akan menjadi kompetitif dengan reward dan hukuman yang diberikan
-          Sebelum permainan berlangsung instruktur telah memberikan pengajaran tentang anggota tubuh atau lainnya yang sesuai dengan fokus permainan ini ( anggota tubuh / kata kerja dan lainnya )

      Jenis Hadiah dan Hukuman
-          Hadiah (Reward) yang diberikan bisa berupa point, stiker ataupun permen sekalipun sesuai dengan kreasi instruktur
-          Hukuman bagi yang keluar lingkaran dapat berupa games Psycomotoric yang berupa:
a.       Instruktur menuliskan satu kata benda di papan tulis, contoh : Ear, dan peserta yang mendapatkan hukuman membelakangi peserta dan meniru dengan bagian belakangnya (bokong) setiap huruf pada tulisan tersebut tersebut seakan-akan sedang bergoyang (menari) .
b.      Apabila terdapat 2 peserta yang mendapat hukuman ( Genap ), intruktur dapat menyuruh mereka berdua untuk menggiring bola dengan punggung nya dari garis start yang telah disiapkan instruktur sampai dengan garis finishnya.
c.       Instruktur dapat berkreasi dalan menyajikan hukuman yang menyenangkan 


                                                                                                                                                                           Variasi

       Permainan ini pada prinsipnya dapat dikembangkan ke berbagai bahasa, khusunya Bahasa Mandarin dan  Bahasa Indonesia, sebagai contoh dalam Bahasa Mandarin, kata “SIMONS Say” dapat diganti dengan “Lao Shi shuo” dan seterusnya. Instruktur dapat mengembangkan permainan ini sesuai fokus pembelajaran    yang diembannya dengan mengikuti alur pemainan dan melakukan variasi yang sesuai.                                                 





4 komentar: