Sabtu, 28 Desember 2013

BIMBEL CITRA RAYA & GAMES EDUCATION



Belajar akan effektif bila dilakukan dalam keadaan menyenangkan, Kami rasa semua setuju, bahkan hampir seluruh pakar Pendidikan didunia setuju, salah satunya adalah :

salah satu pendapat pakar pendidikan



Peter Kline seperti pada gambar disamping ini , terdengar sederhana, akan tetapi di Sekolah ataupun di Lembaga kursus hal ini adalah sebuah seni yang harus dimiliki Seorang pengajar. Terutama dalam hal penguasaan Kelas.
Mungkin untuk siswa SMU ke atas akan lebih mudah, dikarenakan tingkat kesadaran akan belajar yang lebih tinggi dibandingkan anak SMP ke bawah. Pada Posting GAMES EDUCATION ini kami SENOPATI CENTER akan mencoba menjabarkan satu per satu, posting demi posting tentang penerapannya sebagai bantuan Para Pengajar untuk menerapkannya sesuai situasi dan topik yang sedang diajarkannya kepada Siswa.

SNIPER (PENEMBAK JITU)


Tujuan ( Goals ) Di balik permainan ini, terdapat beberapa tujuan, diantaranya :
1. Melatih konsentrasi anak Melatih kejelian anak
2. Melatih tanggung jawab anak.

Waktu Permainan (  Times )
± 20 – 30 menit.

Sistem Permainan ( System of the Games )
Perorangan

Usia Pemain ( Player’s Age )
≥ 7 Tahun

Tempat Bermain ( Place )
Dalam Ruangan

Alat-alat Permainan ( Tools )
Ada beberapa alat atau bahan yang perlu dipersiapkan, yaitu :
PanahatauSenapan” ( Bola Pingpong atau tenis )
Beberapa gambar hewan atau boneka-boneka hewan. ( Tergantung dari Daftar Kosa Kata yang akan diberikan oleh sang Pengajar )
Rekaman Suara Objek ( Sound ) seperti Horse, Snake, Tiger, Hens ( untuk Bahasa Inggris ), Rekaman ini menyesuaikan dengan yang akan diajarkan sang pengajar, bisa Bahasa Mandarin, Korea dan lainnya, ataupun kosa kata lain seperti benda di kelas, anggota tubuh, warna dan lainnya )

Cara Bermain ( Role Play )
Perhatikanlah cara berikut :
Setiap pemain diberi lima buah bola pingpong atau tenis
Tugas mereka adalah melempar gambar atau boneka hewan ketika mendengar suara hewan yang dimaksud dari Tape/VCD/ CPU / suara orang yang diberi tugas
Pemain melempar secara bergiliran dan mendapatkan kesempatan sebanyak 5 x dari setiap pemain
Pemain yang mampu melempar tepat sasaran paling banyak, diberi reward yang telah disediakan. Untuk Reward bisa berupa Point seperti yang dilakukan di i-tutor Citra Raya, ( Lihat POsting sebelumnya mengenai Kidpreneur/IQ dan EQ )

Pada Postingan berikutnya akan kami jabarkan lebih banyak lagi mengenai hal ini, Pada Prinsipnya Games Education dapat diberikan kepada siapa aja dengan mengikuti usia Siswa, Kebutuhan dan Situasi/suasana Pembelajaran. 

TIPS : 
1. Be Yourself no matter what They say ( Jangan tiru gaya orang yang Anda lihat telah melakukan 
    Games ini atau yang sejenisnya, Jadilah diri Anda sendiri, semakin luwes Anda melakukannya      
    maka akan semakin Sukses Anda menerapkannya )
2. Variasikanlah Games ini untuk apapun bidang yang Anda ajarkan.
3. Berikan aturan games ( Role Play ) terlebih dahulu dengan singkat, jelas dan engan Bahasa yang 
    siswa/audience Anda mengerti.
4. Jangan melakukan hal/gerakan/perkataan yang monoton, Contohkan ke Siswa/Audience akan 
    lebih baik

Keuntungan dan Kegunaannya antara lain :
1. Mengendalikan kelas yang mulai jenuh ( ICE BREAKING )
2. Mengembalikan fokus siswa ke topik pembelajaran
3. Membantu dalam hal Penguasaan Kelas oleh sang Pengajar tanpa Marah yang tidak perlu 
   kepada Siswa ataupun Audience

Nantikan POstingan Kami berikutnya, Come and Join With Us


Thanks all








2 komentar: