Tuesday, September 16, 2014

BIMBEL TANGERANG (PERSIAPAN UTS IPA KELAS VIII BAGIAN 2)



GAYA DAN GERAK
1.      Sebuah mobil mainan yang menggunakan remot kontrol memiliki massa 1 Kg, digerakkan oleh seorang anak dengan laju 2 m/s. Jika anak tersebut menghentikan mobilnya setelah 8 detik bergerak, berapakah gaya rata-rata yang diperlukan untuk mengehentikan mobil mainan tersebut?
2.      Sekarung beras bermassa 15 Gram dipikul oleh seorang anak SMP. Bila percepatan gravitasi, g= 10 m/sec2, berapakah besarnya gaya berat beras yang dipikul si anak?
3.       Sebutkan syarat-syarat adanya aksi-reaksi yang sesuai dengan hukum Newton ke-3?
4.      Gaya total 200 N digunakan untuk mempercepat sepeda dan pengendaranya hingga memiliki percepatan 2 m/sec2 maka massa sepeda dan pengendara adalah?
5.      Didik yang massanya 40 Kg sedang bermain tarik tambang dengan Joko yang bemassa 35 Kg. Didi menarik dengan gaya 120 N dan Joko menarik dengan gaya 130 N.
a.      Berapakah besar resultan gaya yang terjadi ?
b.      Siapakah pemenangnya? Buktikan secara matematis dan hukum gaya
6.      Konversikan kelajuan dibawah ini
a.      90 Km/Jam ke dalam satuan m/sec
b.      20 m/sec ke dalam satuan Km/jam
7.      Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 90 km/jam, selama 30 menit. Berapakah jarak yang ditempuh oleh benda tersebut?
8.      Kristin mengendarai sepeda motor selama 10 menit dengan kecepatan 20 m/sec, 5 menit kemudian dengan kecepatan 40 m/sec dan 8 menit terakhir dengan kecepatan 60 m/sec, tentukan kecepatan rata-ratanya?
9.      Sebuah ticker time bergetar40 kali dalam 1 secon, jika jarak setiap getaran pada pita 0,5 cm. Berapakah kelajuan ticker time tersebut?
10.  Bumi kita berotasi selama 24 jam, diameternya12.270 Km. Jika bumi dianggap bola. Berapakah kelajuan rotasi bumi tersebut?
11.  Sebuah dengan massa 1000 Gram. Pada benda itu bekerja gaya sebesar 20 Newton. Percepatan yang diperoleh benda tersebut adalah..?
12.  Dua buah gaya masing-masing besarnya 6 Newton dan 4 Newton bekerja pada sebuah dengan arah berlawanan dan segaris kerja. Resultan dari kedua gaya itu adalah ?

No comments:

Post a Comment