Sunday, December 14, 2014

LES TANGERANG (STORY TELLING)

Dear all

Banyak jalan untuk belajar dan mendalami Bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan membaca dongeng / cerita pendek. Membaca dan mencari lalu menuliskan kata-kata yang tidak kita ketahui dengan kamus dan media lainnya, kemudian menuliskan kembali keseluruhan cerita dan pada akhirnya kita dapat menceritakan kembali ke orang-orang disekitar kita. Terdengar sederhana akan tetapi mempunyai makna pembelajaran yang dalam.

Sering sekali kita lihat pelajaran Bahasa Inggris disekolah langsung menekankan pada tenses, grammar per kata, per kalimat yang hanya membuat anak atau pun kita sendiri hanya fokus pada 1 topik, seperti Superlative, Pronoun dan Simple Present Tense dan banyak lainnya. Sehingga tanpa disadari ita lupa bahwa Bahasa adalah satu kesatuan dari tema.

Penerapannya tidak semudah membalikkan telapak tangan akan tetapi layak dicoba minimal bagi diri kita sendiri.

Mari kita coba bersama cara yang sederhana ini adapun manfaat yang akan didapat adalah :



Pertama 
Dengan membaca dan menuliskan serta mencari kata-kata baru atau yang tidak kita ketahui akan secara otomatis mengajarkan kita apa yang dinamakan Vocabulary Building dan Writting. 

Kedua
Dengan membaca cerita pendek / dongeng secara keseluruhan akan mengajarkan kita untuk lebih memahami penempatan grammar / tenses dan lainnya dalam satu kesatuan cerita.
Tidak hanya itu, kita juga dapat memilah-milah, menjabarkan bahkan mengembangkannya.

Ketiga
Dengan menuliskan kembali cerita pendek / dongeng secara keseluruhan dapat kembali mengasah ketrampilan dalam menulis dengan benar.

Keempat
Dengan menceritakan kembali cerita pendek / dongeng yang telah kita baca kepada orang disekitar kita akan melatih mental kita dalam berbahasa inggris. Jangan minder ataupun takut jika lawan bicara kita adalah Bule ataupun lebih fasih berbahasa Inggris, bahkan lebih baik, karena mereka akan membantu membenarkan pelafalan dan intonasi yang keliru dari kita.

Kelima
Dengan membaca dan menuliskan serta mencari kata-kata baru atau yang tidak kita ketahui akan mengajarkan kita cara yang tepat dan cepat dalam menggunakan Kamus.

Kata-kata yang ada dalam satu kesatuan cerita pendek / dongeng akan berulang kembali. mau bukti?
mari kita coba pada Cerita Pendek pada postingan yang akan datang ;). Berikut resume dari cerita :
pada postingan berikutnya :

RANGO A HERO AT LAST
Is Rango a hero? Everybody thinks so! Then a big, scary hawk flies inti town. Rango has to prove just how brave he is.

See You soon ;)





No comments:

Post a Comment