Sabtu, 04 Januari 2014

GAMES EDUCATION PART 4

Dear all,..lama tidak menulis nih, maaf ya,..Pada hari ini kami akan melanjutkan kembali lanjutan dari postingan Games Education bagian 3. Walaupun IT semakin berkembang, akan tetapi perkembangan pshycomotoric anak tetap menjadi suatu kewajiban untuk dikembangkan oleh kita baik sebagai Guru, Orang Tua, Abang, atau lainnya. Karena semua orang akan terlahir sebagai guru bukan? seorang Bapak akan menjadi guru untuk anaknya, seorang Direktur akan menjadi guru bagi bawahannya dan demikian seterusnya. Terkadang kita sebagai guru, terutama guru baru, susah dalam hal menguasai kelas, Games Education ini adalah salah satu solusi bagi kita mendekatkan diri ke siswa kita.  Games ini telah hidup lama sebelumnya, akan tetapi harus lebih di galakkan lagi agar seimbang dengan perkembangan IT dan gadjet-gadjet yang ada seperti Games IPAD, PC, LAPTOP dan banyak lainnya agar anak-anak kita tidak menjadi individualis.

Games Education kali ini berjudul :

TOPI BERJALAN

A. Tujuan Permainan
     Permainan ini memiliki beberapa tujuan yang sangat penting dan dapat ditanamkan ke anak, yaitu 
1. Kesigapan dan tanggap dalam melakukan tindakan
2. Memiliki sikap tanggung jawab yang tinggi
3. memiliki sikap hormat pada orang lain
    Dengan kata lain permainan ini dapat mengasah EQ anak (lihat postingan pada artikel kami)

B. Waktu Permainan
    20-30 Menit

C. Sistem Permainan
     Berkelompok, dengan masing-masing kelompok terdiri dari 15-20 anak (tetapi permainannya      
     perorangan) 

D. Usia Pemain
     7 Tahun Keatas

E. Tempat Bermain
    Dalam Ruangan

F. Alat Permainan
1. Topi (jumlahnya sesuai dengan jumlah kelompoknya)
2. Peluit untuk pemandu permainan.

G. Cara Bermain
     Meskipun permainan ini terlihat sangat sederhana, akan tetapi terlihat seru jika ada rasa antusias diantara 
     orang-orang yang terlibat. Dan permainan ini bisa disisipkan dengan materi pelajaran yang sedang 
    diajarkan oleh Para Guru. Berikut cara bermainnya para pembaca yang budiman :D

1. Bentuklah lingkaran dalam setiap kelompok, dengan jarak antara anak satu dengan yang lainnya sepanjang lengan
2. Pemandu permainan membagikan satu topi untuk kelompoik.
3. Tugas anak dalam kelompok tersebut adalah menggilirkan topi yang diberikan ke teman sebelah kanannya dan seterusnya4. Penggiliran topi akan dimulai setelah terdengar peluit 1 kali dari pemandu.
5. Proses penggiliran topi harus cepat. Jika salah satu pemain disalah satu kelompok melamban proses penggiliran, pemandu harus tegas memberikan sanksi padanya, sanksi ini hisa bermacam-macam, pemandu bisa menyisiupkan pelajaran yang dia mau, seperti menghafalkan perkalian, menjawab pertanyaan IPA, atupun membaca 1 Surat Al-Qur'an Bagi guru Agama Islam dan pasti para sahabat guru sudah mempersiapkan itu :D
6. Ditengah pergiliran topi, pemandu akan meniup peluit 2 kali. Bunyi peluit tersebut sebagai tanda bahwa pergiliran topi harus dihentikan untuk sementara. Bagi anak yang memegang topi saat itu kembali akan mendapatykan sanksi. Hal ini dapat5 dilakukan berulang kali sehingga Anak-anak kita yang luar biasa akan senang dalam belajar dan tidak terbebani.
7. Agar permainan ini berjalan dengan seru, pemandu harus bersikap tegas bagi mereka yang mendapatkan sanksi sesuaio kesepakatan sebelumnya.

Tips dan Trik untuk Games ini hapir sama seperti postingan sebelumnya, yaitu :
1. Tetaplah menjadi diri sendiri yang ceria .
2. Role Play (aturan main) harus dijelaskan sedetail mungkin ke anak, jika perlu contohkan kepada mereka.
3. Pada bagian penutup, Pemandu dianjurkan untuk menjelaskan makna games ini bagi anak seperti tujuan diatas.
4. Diakhir acara, pilihlah peserta terbaik dan berikan reward kepada si anak.
5. Kembangkanlah Games ini terus menerus, sesuai dengan kondisi lapangan, jangan ragu untuk berinovasi, karena ingatlah 1 kata terkhir ini.




GURU BUKANLAH MANUSIA BIASA, GURU ADALAH ORANG BESAR DIBALIK KESUKSESAN YANG ADA DIDUNIA INI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar