Friday, January 31, 2014

TIPS PENJUALAN BAGIAN 6 (KEBERATAN-KETENANGAN-UMPAN BALIK)

Dear all Members, Bloggers and Readers

Setelah membaca Tips Bagian 5 tentang Waktu dan Keyakinan, maka tibalah saatnya kami untuk mencoba membahas pentingnya Ketenangan bagi semua orang yang menjual dan tips menghadapi Penolakan/keberatan pelanggan sampai dia mengatakan "Saya Mau".

Kegiatan Menjual sangat erat hubungannya dengan Interview, Interview yang dilakukan disaat dalam proses penjualan dan layanan. Seni menggali pertanyaan, seni bersikap, berbicara dan lainnya sangatlah penting.
Setiap yang menjual harus berusaha menemukan keberatan/penolakan/keraguan rill dari pelanggannya. Ia harus berusaha untuk menembus tabir tersebut. Kebanyakan pelanggan tidak bersifat terbuka dan menyambut. Mereka perlu digali. Setelah orang bisa mendapatkan keberatan sebenarnya barulah ia dapat memecahkan masalah. Tenanglah dalam menghadapi provokasi. Tetaplah Tersenyum :)

Dengan mempertahankan Ketenangan maka kita telah memenangkan 
setengah dari pertempuran (Jual-Beli).





Seorang yang menjual harus menjadi pendengar yang baik. Biarkan pelanggan mencurahkan isi hatinya, apa yang ingin dia katakan. Galilah. Jangan menyela, terburu-buru menjawab, membela diri bahkan mengklaim sesuatu yang muluk, bersikaplah sopan dan penuh rasa hormat dengan tetap menjaga harga diri kita. Pernahkah kita melihat sales yang memaksa? sukakah kita? .

Untuk mengembangkan seni menggali curahaan hati pelanggan atau pun calon pelanggan ini syarat mutlak yang dibutuhkan adalah PRODUCT KNOWLEDGE (pengetahuan kita akan produk yang kita jual). bukan hanya kelebihannya, bahkan kelemahaan nya pun harus kita kuasai. Seorang yang menjual juga harus tahu kondisi pesaingnya. Dengan Penguasaan Produk itu kita dapat mengikuti Curhatan pelanggan tanpa harus menyela percakapan, terburu-buru menjawab dan lainnya. Bahasa Sederhana adalah Chatting atau mengobrol santai, luwes, akrab dan tepat sasaran. Jadikanlah mereka Respek dengan kita dengan penguasaan kita akan bidang yang kita jual.

Interview adalah penjajakan kebutuhan. Jual Beli harus disertai dengan Kebutuhan.  Kalau tidak butuh kenapa harus membeli? atau kenapa harus memakai jasanya?. Seorang yang menjual harus bisa merubah persepsi dari tidak butuh menjadi butuh.

Iklan adalah senjata umum, akan tetapi Interview adalah senjata pamungkas

Keberatan adalah manusiawi, dan Saling mempengaruhi adalah Manusiawi Pula. yang tidak bleh adalah MEMAKSA dan MENJERUMUSKAN. Menjerumuskan disini adalah ketika Anda menjual sesuatu yang merugikan si pelanggan berdasarkan kebutuhannya.

Demikian Posting kali ini Sobat, semoga bermanfaat. Pada postingan berikutnya mengenai Tips Menjual, kami akan membahas 

Bagaimana Membuat Pelanggan Membeli

Nantikan postingan kami berikutnya ya :)

Thanks all

Best Regards
Senopati Center







No comments:

Post a Comment