Friday, February 21, 2014

LES TANGERANG (MENEMBAK TARGET)

Dear all Bloggers, Members and Readers

Tidak terasa bulan Februari akan segera berganti menjadi Bulan Maret di tahun 2014 ini. Kesibukan yang ada pada rutinitas kami akan selalu terfokus kepada Membuat Belajar menjadi menyenangkan :D. Posting ke 5 di Bulan Februari adalah penambahan kembali ragam GAMES EDUCATION / EDUCATIONAL GAMES baik dari daftar pustaka maupun pengalaman kami dilapangan. Perlu kami jelaskan bahwa penggunaan istilah GAMES EDUCATION sebelumnya  hanya sebagai  pembeda dan memudahkan dalam mengingat. Sobat umumnya dapat menggunakan istilah EDUCATIONAL GAMES sebagai bahasa inggris yang baik dan benar  (Permainan yang mendidik). ke-2 istilah ini mempunyai persamaan yaitu bagaimana membuat belajar menjadi menyenangkan, bermanfaat, bersemangat, berpadu dengan gerak dan tidak membosankan.

i-tutor di Ciledug Mas Education Center
Rukan Ciledug Mas, Jl. HOS Cokroaminoto Blok D7-8
(Belakang Colombia)
Ciledug, Tangerang Selatan
Judul permainan kali ini kami namakan

MEMBERI DAN MEMBIDIK TARGET
A. Tujuan Permainan
1. Mendidik peserta dalam menghadapi dan menyikapi persaingan, bauk dari segi sportifitas dan semangat.
2. Mendidik peserta dalam ketangkasan, keuletan, kesabaran dan kepercayaan diri serta bagaimana cara
    menyikapi kegagalan dalam melakukan sesuatu hal.
3. Melatih peserta dalam bekerja sebagai sebuah tim.

B. Usia Pemain / Peserta
Usia Pemain / Peserta sebaiknya diatas 7 Tahun, Karena pada permainan ini Pemandu/ Instruktur harus memberikan materi sesuai dengan target pembelajaran dan menjelaskan baik di awal dan akhir permainan ini mengenai nilai moral yang terkanding didalamnya.

C. Alat Permainan.
1. Papan Tulis atau Papan Target (Jenis Lingkaran ) yang masing-masing lingkaran diberikan Point tersendiri


2. Bordmarker (Spidol Papan Tulis)
3. Bola karet kecil / Bola Pingpong (Optional)
4. Lembaran Pertanyaan (sesuai dengan materi yang diajarkan sebelumnya)
5. Stopwatch
6. Hadiah-hadiah menarik (Murah meriah ) Seperti Alat Tulis, Buku Tulis, Gantungan Kunci, dan lainnya yang telah diberi Point tersendiri
7. Catatan Point masing-masing grup dan masing-masing anak

D. Cara Bermain
1. Instruktur membagi peserta menjadi 4 Grup. Dan masing-masing Grup mendapatkan masing-masing 4-5 Pertanyaan yang harus di Jawab pada lembaran mereka masing-masing. Sebagai Contoh ketika guru SD sedang memberikan pelajaran mengenai Operasi Bilangan Bulat, maka Setiap anak pada masing-masing grup harus menjawab masing-masing soal yang berbeda pada lembaran yang berbeda pula pada waktu yang telah ditentukan.
2. Setelah waktu selesai, peserta yang ada di Grup 1, masing-masing menjabarkan di Papan Tulis tentang soal yang mereka kerjakan, dan menjelaskan keteman lainnya layaknya seorang guru. Peserta pada grup lain  yang dapat mengoreksi jawaban dan premengujsentasi peserta yang sedang menjelaskan maka akan mendapatkan point Grup yang meliputi semua peserta di grup itu yaitu 20 Point ( Contoh, ketika grup 2 mengoreksi dan benar, maka seluruh peserta yang ada di grup 2 mendapatkan 20 Point). Dan secara otomatis Peserta yang salah menjelaskan di Papan Tulis kehilangan 20 Pointnya :D
3. Setelah masing-masing peserta di grup 1 Selesai, dilanjutkan unutk di grup 2 dan seterusnya dengan cara yang sama.
4. setelah semuai selesai, maka Instruktur akan mengumunkan jawaban yang benar pada masing-masing peserta ( yang tidak dikoreksi), dan setiap  1 jawaban yang benar memunyai 1 kesempatan untuk melempar ke target dengan jarak yang telah ditentukan. Maka ketika seorang Peserta dapat menjawab 5 Pertanyaan, maka Dia berhak melempar sebanyak 5 kali ke arah Target. 
5. Pemandu / Instruktur akan memandu Peserta dalam melempar dan juri bagi ketepatannya (Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat :D )
6. Setelah semua selesai, maka Intruktur akan mengumumkan jumlah Pointnya, dan masing-masing anak berhak atas hadiah yang telah disediakan berdasarkan Poin
7. Apabila terjadi Poin yang sama untutk sebuah hadiah, maka Instruktur akan mengujinya dengan masing-masing 1 lemparan ke arah target untuk menentukan Pemenang.

TIPS & TRICK
1. Pemandu harus tegas dan memastikan semua peraturan dimengerti oleh Peserta.
2. Games ini terbuka untuk semua bidang Ilmu.
3. Perlengkapan yang ada diatas dapat di variasikan / Modifikasi / diganti sesuai kebutuhan.


Demikian Dear all, Thanks a lot

Sampai berjumpa di Posting kami berikutnya :)

Best Regards 
Senopati Center  






No comments:

Post a Comment