Friday, July 18, 2014

POLA RATA-RATA CARA BELAJAR SISWA/I BAGIAN 2

Dear all


Pada bagian 1 teleh dikemukakan ke-8 Tipe Pola belajar anak pada Umumnya, Pada bagian ini penulis akan mencoba untuk mengupas hal tersebut.


a. Belajar Tipe 1 : Signal Learning (Belajar Isyarat)
Tahap ini adalah tipe belajar yang paling dasar. Tahap ini merupakan hierarki yang harus dilalui setiap anak. Signal Learning terlibat aspek reaksi emosional didalamnya, dan tidak menuntut banyak persyaratatan.

Contoh :
-Melihat wajah ibu menimbulkan rasa  senang.Wajah ibu disini isyarat dari senang.

-Kata aba-aba seperti "Siap!" merupakan suatu signal / isyarat untuk mengambil sikap tertentu.

- Melihat ular yang besar menunjukkan rasa jijik. Melihat ular itu merupakan isyarat yang menimbulkan perasaan tertentu.



b. Belajar Tipe 2 : Stimulus - Respons Learning (Belajar Stimulus-Respons)

Contoh :
- Anjing dapat diajar "memberi salam". dengan menangkat kaki depannya bila dikatakan "kasih tangan!" atau "salam!". Ucapan "salam" itu merupakan stimulus yang menimbulkan respons.

Berdasarkan contoh, maka jelaslah kemampuan itu tidak diperoleh dengan tiba-tiba, akan tetapi melalui latihan dan berbagai pengulangan. Layaknya trial and error. Respons diperkuat atau di reinforce dengan adanya imbalan atau rewards. Seorang yang belajar bahasa sering menggunakan tipe ini.




Demikianlah 2 Tipe Belajar kami jabarkan, untuk tipe belajar ke 3, 4, 5, 6 , 7 dam 8 akan kami jabarkan pada kesempatan berikutnya.

Thanks all

See you soon

No comments:

Post a Comment