Posting ini adalah lanjutan dari Posting sebelumnya di Blog ini, yaittu BIMBEL CITRA RAYA & GAMESEDUCATION ( ihat di arsip Blog). Games Education kali ini adalah Games lama yang berjudul :
SIMONS SAY
Permainan lama ini sangat berguna
untuk Peserta Pemula dapat memahami,
mengucapkan, mendengarkan, dan mempratekkan fokus pembelajaran kosa kata
seperti :
Tujuan Permainan ( Goals )
- Anggota Tubuh ( Part of the Body )
- Imperative
- Verb ( Kata Kerja )
Waktu Permainan (Times) :
10 Menit minimal
Sistem
Permainan ( System of the Game )
-
Permainan dapat terdiri dari perorangan dengan suasana kompetisi atau
hanya untuk mencairkan suasana
-
Peserta membentuk lingkaran dengan
instruktur di tengah
Usia
Pemain (Age)
Diatas 5 tahun
Tempat
( Place )
Di dalam Ruangan dan di luar
Lapngan
Alat
Pemainan ( Tools )
Tidak ada ( none ) / Sesuai Keadaan
Cara
Bermain ( Role Play )
Instruktur meneriakan instruksi,
yang hanya akan dipatuhi oleh peserta apabila menggunakan kata “SIMONS SAY”,
contoh :
-
“Simons says, raise your right hand.”
---- (peserta mengangkat tangan kanan mereka)
-
“Simons says, touch your left ear.” -------(peserta memegang telinga kiri
mereka)
-
“Kneel one one knee.”-----------(peserta
seharusnya tidak boleh melakukan apapun, jika mereka bergerak atau melakukan
aksi berarti mereka tidak mendengarkan instruksi secara seksama dan mereka
harus keluar dari lingkaran dan atau mendapatkan hukuman yang menyenangkan
-
“Simons says, jump with your right
foot.” ----(peserta melompat dengan kaki kiri mereka.)
-
“Turn Around.”-----( Jika ada peserta
yang berbalik maka ia harus keluar dari lingkaran dan mendapatkan hukuman yang
menyenangkan, karena Instruktur tidak menggunakan kata “Simons say”. Dan
demikian seterusnnya.
Catatan
( Note )
-
Pada saat instruktur mengeluarkan
instruksi, ia harus mempraktekan dengan bahasa tubuh yang sesuai dengan
instruksi ataupun tidak, hal ini berguna bagi peserta untuk memahami praktek dari
apa yang telah mereka pelajari dengan kenyataan yang ada.
-
Permainan ini akan menjadi kompetitif
dengan reward dan hukuman yang diberikan
-
Sebelum permainan berlangsung instruktur
telah memberikan pengajaran tentang anggota tubuh atau lainnya yang sesuai
dengan fokus permainan ini ( anggota tubuh / kata kerja dan lainnya )
Jenis
Hadiah dan Hukuman
-
Hadiah (Reward) yang diberikan bisa
berupa point, stiker ataupun permen sekalipun sesuai dengan kreasi instruktur
-
Hukuman bagi yang keluar lingkaran dapat
berupa games Psycomotoric yang berupa:
a. Instruktur
menuliskan satu kata benda di papan tulis, contoh : Ear, dan peserta yang
mendapatkan hukuman membelakangi peserta dan meniru dengan bagian belakangnya
(bokong) setiap huruf pada tulisan tersebut tersebut seakan-akan sedang
bergoyang (menari) .
b. Apabila
terdapat 2 peserta yang mendapat hukuman ( Genap ), intruktur dapat menyuruh
mereka berdua untuk menggiring bola dengan punggung nya dari garis start yang
telah disiapkan instruktur sampai dengan garis finishnya.
c. Instruktur
dapat berkreasi dalan menyajikan hukuman yang menyenangkan
Permainan ini pada prinsipnya dapat
dikembangkan ke berbagai bahasa, khusunya Bahasa Mandarin dan Bahasa Indonesia,
sebagai contoh dalam Bahasa Mandarin, kata “SIMONS Say” dapat diganti dengan
“Lao Shi shuo” dan seterusnya. Instruktur dapat mengembangkan permainan ini
sesuai fokus pembelajaran yang diembannya dengan mengikuti alur pemainan dan
melakukan variasi yang sesuai.