Minggu, 23 Februari 2014

NEW EDUCATIONAL GAMES PART 2 (ENGLISH VERSION)


Dear all Members, Bloggers and Readers

Our New Educational Games Part 2 this time called

WHAT PEOPLE DO

Mr. Bean is comedian, He always make us laugh in his movie

Focus
Vocabulary expansion, 5W 1H (why, what, when, who, where and How), yes or no questions.

Aim
Students practise to explore their vocabularies about jobs or professions and also guess some words by asking 5W 1H and question words.

Materials
Board marker and papers, Job Card Games (Optional)

Procedure

Instructor must be teach first about profession and 5W 1H  to their students before start this game. 

first
Instructor prepares some cards and writes a proffesion on each one.

Second
The cards are affixed to students' forehead

Third
Students try to discover their own profesion using question words (am i rich? , should i use a ball? etc)

Fourth
Students should be encouraged to think of usual questions (Where do i work?, why,.......?, Who,......,etc)


Some example the picture of the what people do games

Sarah is a musician, she plays guitar well
    
He is an actor
  
TIPS & TRICK
- You can print many picture about job or profession and use a hard papers
- You can make this game very simple by write on paper only,.. like Soldier, Journalist, Doctor, etc




- You can also write some names of famous people from all over the world, and all students have to have -one name and do the same procedure as described previously.

Thats all guys, Education is fun and easy right?

See you soon ;)

Best Regards
Senopati Center


Sabtu, 22 Februari 2014

NEW EDUCATIONAL GAMES (ENGLISH VERSION)

Dear all Members, Bloggers and Readers

Today Senopati Center presents Educational Games in Engish Version. Games about Brainstorming that called : 


Word  Brainstorming Games

Focus     
Vocabulary Expansion

Materials  
LCD Projectors

Aim   
Students will learn more about general knowledge

Times     
10-15 minutes



Procedure
First  
Take a word the class has recently learnt, and ask the students suggest all the words they associate with it. Write each suggestion on the board with line joining it to the original word, in a circle, do that so you get a "sunray" effect.

Second
If the original word was "decision", for exmple, you might get :

Decision is a key word

TIPS & TRICK
-This game can make us fun in looking for a new vocabulary. Instructor can give many key word.
- LCD Projector can help us to make this game more fun. Ask students to presenting in front of the classroom about their key word. 
- Instructor can use a Adjective Word, Noun, etc as a key word. 
- Instructor can help students to guess with helping word like "you can take,......" or " you can wear,....", etc.
- Instructor can use this game to give homework to their students

Thats it guys, Study is fun right ? ;)

See you in the next Posting

Best Regards
Senopati Center 
  

Jumat, 21 Februari 2014

LES TANGERANG (MENEMBAK TARGET)

Dear all Bloggers, Members and Readers

Tidak terasa bulan Februari akan segera berganti menjadi Bulan Maret di tahun 2014 ini. Kesibukan yang ada pada rutinitas kami akan selalu terfokus kepada Membuat Belajar menjadi menyenangkan :D. Posting ke 5 di Bulan Februari adalah penambahan kembali ragam GAMES EDUCATION / EDUCATIONAL GAMES baik dari daftar pustaka maupun pengalaman kami dilapangan. Perlu kami jelaskan bahwa penggunaan istilah GAMES EDUCATION sebelumnya  hanya sebagai  pembeda dan memudahkan dalam mengingat. Sobat umumnya dapat menggunakan istilah EDUCATIONAL GAMES sebagai bahasa inggris yang baik dan benar  (Permainan yang mendidik). ke-2 istilah ini mempunyai persamaan yaitu bagaimana membuat belajar menjadi menyenangkan, bermanfaat, bersemangat, berpadu dengan gerak dan tidak membosankan.

i-tutor di Ciledug Mas Education Center
Rukan Ciledug Mas, Jl. HOS Cokroaminoto Blok D7-8
(Belakang Colombia)
Ciledug, Tangerang Selatan
Judul permainan kali ini kami namakan

MEMBERI DAN MEMBIDIK TARGET
A. Tujuan Permainan
1. Mendidik peserta dalam menghadapi dan menyikapi persaingan, bauk dari segi sportifitas dan semangat.
2. Mendidik peserta dalam ketangkasan, keuletan, kesabaran dan kepercayaan diri serta bagaimana cara
    menyikapi kegagalan dalam melakukan sesuatu hal.
3. Melatih peserta dalam bekerja sebagai sebuah tim.

B. Usia Pemain / Peserta
Usia Pemain / Peserta sebaiknya diatas 7 Tahun, Karena pada permainan ini Pemandu/ Instruktur harus memberikan materi sesuai dengan target pembelajaran dan menjelaskan baik di awal dan akhir permainan ini mengenai nilai moral yang terkanding didalamnya.

C. Alat Permainan.
1. Papan Tulis atau Papan Target (Jenis Lingkaran ) yang masing-masing lingkaran diberikan Point tersendiri


2. Bordmarker (Spidol Papan Tulis)
3. Bola karet kecil / Bola Pingpong (Optional)
4. Lembaran Pertanyaan (sesuai dengan materi yang diajarkan sebelumnya)
5. Stopwatch
6. Hadiah-hadiah menarik (Murah meriah ) Seperti Alat Tulis, Buku Tulis, Gantungan Kunci, dan lainnya yang telah diberi Point tersendiri
7. Catatan Point masing-masing grup dan masing-masing anak

D. Cara Bermain
1. Instruktur membagi peserta menjadi 4 Grup. Dan masing-masing Grup mendapatkan masing-masing 4-5 Pertanyaan yang harus di Jawab pada lembaran mereka masing-masing. Sebagai Contoh ketika guru SD sedang memberikan pelajaran mengenai Operasi Bilangan Bulat, maka Setiap anak pada masing-masing grup harus menjawab masing-masing soal yang berbeda pada lembaran yang berbeda pula pada waktu yang telah ditentukan.
2. Setelah waktu selesai, peserta yang ada di Grup 1, masing-masing menjabarkan di Papan Tulis tentang soal yang mereka kerjakan, dan menjelaskan keteman lainnya layaknya seorang guru. Peserta pada grup lain  yang dapat mengoreksi jawaban dan premengujsentasi peserta yang sedang menjelaskan maka akan mendapatkan point Grup yang meliputi semua peserta di grup itu yaitu 20 Point ( Contoh, ketika grup 2 mengoreksi dan benar, maka seluruh peserta yang ada di grup 2 mendapatkan 20 Point). Dan secara otomatis Peserta yang salah menjelaskan di Papan Tulis kehilangan 20 Pointnya :D
3. Setelah masing-masing peserta di grup 1 Selesai, dilanjutkan unutk di grup 2 dan seterusnya dengan cara yang sama.
4. setelah semuai selesai, maka Instruktur akan mengumunkan jawaban yang benar pada masing-masing peserta ( yang tidak dikoreksi), dan setiap  1 jawaban yang benar memunyai 1 kesempatan untuk melempar ke target dengan jarak yang telah ditentukan. Maka ketika seorang Peserta dapat menjawab 5 Pertanyaan, maka Dia berhak melempar sebanyak 5 kali ke arah Target. 
5. Pemandu / Instruktur akan memandu Peserta dalam melempar dan juri bagi ketepatannya (Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat :D )
6. Setelah semua selesai, maka Intruktur akan mengumumkan jumlah Pointnya, dan masing-masing anak berhak atas hadiah yang telah disediakan berdasarkan Poin
7. Apabila terjadi Poin yang sama untutk sebuah hadiah, maka Instruktur akan mengujinya dengan masing-masing 1 lemparan ke arah target untuk menentukan Pemenang.

TIPS & TRICK
1. Pemandu harus tegas dan memastikan semua peraturan dimengerti oleh Peserta.
2. Games ini terbuka untuk semua bidang Ilmu.
3. Perlengkapan yang ada diatas dapat di variasikan / Modifikasi / diganti sesuai kebutuhan.


Demikian Dear all, Thanks a lot

Sampai berjumpa di Posting kami berikutnya :)

Best Regards 
Senopati Center