Wednesday, January 29, 2014

GAMES EDUCATION PART 10 (BAHASA INDONESIA VERSION)

Dear Members, Bloggers and Readers

Setelah melewati beberapa kegiatan penting, akhirnya kembali kami persembahan lanjutan Games Education dengan Versi Bahasa Indonesia. Mengapa harus dalam Bahasa Indonesia? Jawabannya adalah Kami bangga dengan Bahasa Indonesia, sederhana bukan?

Permainan lama yang akan kami sajikan ini adalah permainan lama yang banyak dipakai diberbagai lembaga pendidikan, trainer motivasi dan banyak lainnya. Judulnya pun bisa berbeda-beda. Kami lebih senang menyebutnya :

CERDAS TANGKAS 

A.Tujuan
Permainan (Games) ini cukup sederhana dan dapat diterapkan untuk semua Mata Pelajaran yang bersifat hafalan. Terkadang anak-anak kita terlalu lelah dan bosan dalam menghafal, bahkan mereka bisa jadi bukan tipe anak yang ahli dalam menghafal, dengan Games ini anak akan bergairah bahkan disuasana yang ramai sekalipun. Bukan hanya itu, Games ini juga dapat meningkatkan kebersamaan, menimbulkan semangat saling menghargai dan sportif. Games On Line yang berkembang saat ini dapat terimbangi oleh Games yang bersifat kebersamaan seperti ini.

B. Waktu
Dalam Pelajaran di sekolah ataupun tempat kursus, Games ini dapat dilakukan 20 menit diawal, dan selebihnya untuk kesimpulan, ataupun 20 menit di akhir materi sebagai Ice Breaking (mencairkan suasana yang kaku).

C. Alat
-Stopwatch
-Papan Tulis
-Meja
-Projector (Optional)
-Boardmarker


D. Cara Bermain
1.Di papan tulis, Pemandu membuat Kotak-kotak yang terbagi atas 3-4 grup, dengan masing-masing grup.
2.Di atas Meja Pemandu telah menyediakan tulisan-tulisan bahan yang akan dihafal peserta, seperti karakter Mandarin, untuk pengajar Mandarin, Rumus-rumus dan sebagainya.
3.Dengan hitungan oleh Pemandu, anak-anak pertama dari masing-masing grup bersiap dan melaju berlari ke meja dan melihat tulisan yang telah disediakan (tersusun), lalu anak-anak berlari menuju papan tulis untuk menulis dengan benar apa yang mereka lihat kedalam kotak yang telah disediakan. Anak yang sudah menulis kembali kebagian belakang grupnya dan dilanjutkan dengan teman sesudahnya.
4. Games berjalan sampai batas waktu yang telah ditentukan Pemandu.
5. Setelah selesai anak-anak dari masing-masing grup membaca tulisan yang ada di papan tulis secara bersilangan dalam arti grup A membaca tulisan dari Grup B dan seterusnya. 
6. Tulisan dan cara baca yang benar adalah Pemenangya. Pemenang adalah Grup, dengan demikian setiap grup harus saling membantu untuk kepentingan bersama.
7. Setelah selesai, Pemandu bisa menampilkan bahan hafalan tersebut di projector dan membaca bersama ataupun sekaligus menerangkannya.



TIPS & TRICK.
Games ini juga bisa dikembangkan untuk pelajaran matematika dan sejenisnya, tergantung dari soal dan variasi yang diberikan oleh Pemandu, seperti Soal Fisika tentang Gaya, dan sebagainya. Prinsipnya bagi Pemandu, adalah jangan kaku dalam membbuat Variasi dari Games ini.

Demikian adanya Sobat. Semoga bermanfaat buat semua :)
Nantikan postingan kami berikutnya ;)

Best Regards
Senopati Center





No comments:

Post a Comment