Sabtu, 11 Januari 2014

GAMES EDUCATION PART 5

Hi Guys, ;)

Disini kita akan melanjutkan kembali mengenai berbagai Games Education yang dapat dilakukan untuk anak-anak kita, murid, mahasiswa bahkan untuk diri kita sendiri. Judul Games Education kali ini adalah :

KOMANDO SI BUTA





A. Tujuan Permainan
Permainan ini memiliki beberapa tujuan yang bermanfaat, bukan hanya unttuk anak, akan tetapi dapat juga diterapkan ke Mahasiswa ataupun karyawan, tergantug dari cara perlakuan si Pemandu.
Adapun tujuan itu antara lain :
1. Melatih dalam bekerjasama
2. Menumbuhkan rasa perduli terhadap orang lain
3. menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi

B. Waktu Permainan
15-30 menit

C. Sistem Permainan
Berkelompok, dimana masing-masing kelompok terdiri 5-7 Peserta

D. Usia Pemain
diatas 7 Tahun

E. Tempat Bermain
Dalam Ruangan

F. Alat-alat Permainan
Penutup Mata dan Tongkat dari kertas

G. Cara Bermain
1. Para Pemain membentuk beberapa kelompok
2. Semua Pemain dari masing-masing kelompok matanya ditutup dengan kain gelap, kecuali 
    komandan/pemimpinnya yang berada dibarisan depan.
3. Tugas Komandan adalah memberikan instruksi kepada "Si Buta" saat pemandu berjalan ke arah mereka. 
    Cara Komandan memberikan instruksi adalah dengan membawa tongkat yang disejajarkan dengan kepala     para pemain atau memberikan rintangan bagi mereka, sehingga "Si Buta" dapat menghindar, baik dengan       menundukkan kepala maupun cara lain. Bentuk Instruksi Komandan ini tergantung dari kesepakatan     
    kelompoknya dan disesuaikan dengan rintangan tongkat Pemandu.
4. Pemandu juga harus bervariasi dalam memberi Rintangan kepada "Si Buta", misalnya bergerak kencang,
    menusuk perut dan lainnya.
5. Pemain yang menjadi korban tongkat pemandu, harus keluar dari barisan.
6. Pemenang adalah kelompok yang mampu bertahan sampai ujung permainan dengan jumlah Anggota 
    terbanyak.

Tips :
Pada bagian ke 3 dari Cara bermain, sang komandan dan kelompoknya bisa diarahkan oleh pemandu untuk menyepakati Kata Kunci  bersama tentang cara menhindar / menangkis tongkat kertas pemandu. Dan bisa juga disesuaikan dengan materi pelajaran bagi anak sekolah. sebagai contoh : Ketika pemandu melakukan tusukan perut Kata Kunci yang akan di teriakan Komandan adalah 
"on Your Stomatch" , untuk sabetan dari sebelah kiri " on Your left Shoulder" dan demikian  seterusnya.
Disesuaikan dengan Materi



Daftar Pustaka :
Iman Rofi'ie Games Edukatif Dalam dan Luar Sekolah, Penerbit  DIVA Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar