Jumat, 24 Januari 2014

TIPS PENJUALAN BAGIAN 3 (MENJUAL HARUS GAGAL)

Dear all Members, Bloggers and Readers

Dari posting sebelumnya tentang kegiatan penjualan (lihat diarsip blog kami), telah dijabarkan bahwa ada sedikitnya 5 hal yang membuat seseorang gagal dalam menjual, apapun profesinya. Dari buku yang dibuat oleh Robert Kiyosaki "Rich dad Poor Dad" ada 4 tipe usaha manusia dalam mencari uang. Didalam gambar yang umum Beliau jabarkan adalah sebagai berikut :

Cash flow Diagram Robert Kiyosaki Version
Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa Tipe manusia dalam berusaha terdiri dari Pekerja (Employee), Self Employee (Tenaga ahli), Business Owner (Pemilik Bisnis) dan Investor. Banyak orang yang memimpikan berada di kuadran kanan, yaitu sebagai pemilik bisnis atau investor sehingga dapat memiiki passive income atau penghasilan tanpa harus bekerja keras lagi.Akan tetapi disini kami tidak sepenuhnya setuju. Bagi kami, Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, dan bersifat alamiah untuk mengisi segala posisi yang dapat membangun Dunia menjadi sebuah tatanan yang lengkap.Dalam Bahasa yang lebih lugas, ALLAH , Pencipta Alam semesta telah menciptakan Manusia untuk bekerja dan berusaha di berbagai posisi, dan DIA Maha Adil akan hal ini, Sehingga Menjual adalah untuk semua posisi pekerjaan maupun jenis Usaha. Bukan hanya untuk Pengusaha, Sales, Marketer, dan lainnya apapun namanya seperti tanggapan kebanyakan orang dewasa ini.

Kegiatan menjual bukanlah profesi yang mudah. Menjual sangat banyak persyaratannya. Hal ini bertentangan dengan pendapat umum. Coba amati disekitar kita, banyak orang yang meremehkan kegiatan penjualan. Ketika kita melihat sales motor membagikan flyer di jalanan, tidak sedikit dari kita yang mencibir dalam hati, disatu sisi ketika seorang Direktur Marketing Perusahaan ternama melakukan Presentasi Bisnis ke Perusahaan lain, selalu ada penghormatan dan sebagainya. Apakah perbedaan ke-2nya?, Sales Motor dan Direktur Marketing? Contoh lainnya, Di sebuah daerah ada sekolah dasar (SD) negeri dan SD Swasta Internasional. Coba amati Guru di ke-2 sekolah terebut, dan coba amati lagi kualitas anak didiknya. Berhentilah Mencari Kambing Hitam atas Kegagalan dan Cobalah untuk jujur akan perbedaannya. kembali ke pertanyaan, Apakah perbedaan ke-2nya?. Pengacara A mendapatkan klien lebih banyak dari Pengacara B, Apakah perbedaan ke-2nya? Perbedaannya dari terpenuhi atau tidak syarat dalam Menjual.  Dan Tidak Ragu Kembali kami ulangi Bahwa Menjual adalah untuk Semua Profesi.

Kegiatan Menjual menuntut kerja keras, bahkan bisa tanpa jam kerja yang tetap, sambil menyesuaikan diri dengan kesediaan para pelanggan. Kegiatan menjual mengharuskan pembelajaran yang terus menerus, karena lingkungan selalu berubah. Profil pelanggan, sikap dan kebiasaan mereka berubah. Para pesaing dan strategi persaingan berubah. Teknologi baru, Produk Baru, Sistem cenderung berubah, bahkan sampai tak  terkendali. Bagi Sobat yang lahir di tahun 1978 an, lihatlah perkembangan Komputer.Berubah pesat bukan?.

Kata Kunci bagi Persyaratan Menjual ini adalah Tantangan Baru. Jadikanlah selalu seluruh kegiatan Anda yang berhubungan dengan Menjual adalah sebagai Tantangan Baru. Kegiatan menjual menuntut sikap ini. Seorang Pelanggan tidak pernah terpikat selamanya. Jangan terlena. Sebuah Order atau pesanan yang diperoleh pada suatu kesempatan bukanlah berarti akan menjadi Order seumur hidup. Tidak ada kata Pasti di Dunia ini melainkan Hukum ALLAH, Tuhan pencipta Alam. 
Semua akan kembali ke titik Nol dan akan meningkat kembali. JANGAN PERNAH TAKUT GAGAL. BERANI SUKSES ADALAH BERANI GAGAL. Masukkan KEGAGALAN selalu didalam setiap daftar Rencana Kerja kita :). 

Gambar dari Internet
Awali Pagi Kita selalu dengan BERANI GAGAL UNTUK BERANI SUKSES.

Konsep Hidup
Demikanlah Sobat, semoga bermanfaat ya, bagi kami penulis dan untuk semuanya yang super hebat karena telah membaca tulisan ini ;)

KEEP ON ROCK AND BE YOURSELF NO MATTER WHAT THEY SAY

Cheers

Best Regards
Senopati Center






Tidak ada komentar:

Posting Komentar